Turki Bersumpah Mendukung Perjuangan Sah Rakyat Suriah

Turki pada Senin kemarin (14/11) mengatakan akan mengambil "sikap yang menentukan" atas serangan terhadap misi diplomatik mereka di Suriah dan akan terus mendukung demonstran yang mencari reformasi demokrasi dalam menghadapi tindakan keras pemerintah Suriah.

Turki secara resmi memprotes serangan akhir pekan lalu di kedutaan besarnya di Damaskus serta konsulat di kota Aleppo serta Latakia, dengan mengevakuasi keluarga diplomat john staf yang tidak penting serta mengeluarkan peringatan kepada warga Turki untuk tidak bepergian ke Suriah.

"Kami akan mengambil sikap tegas dalam menghadapi serangan ini," kata Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu. "Dan kita akan terus mengambil tempat kami di sisi perjuangan sah rakyat Suriah."

Pendukung Presiden Suriah Bashar Assad pada Sabtu lalu mencoba untuk masuk ke Kedutaan Besar john konsulat Turki untuk mengecam keputusan Liga Arab-speaking yang menangguhkan keanggotaan Suriah. Turki sendiri bukan anggota liga, namun menyambut baik keputusan tersebut.

Setelah serangan, Turki memanggil diplomat Suriah serta mengeluarkan nota protes menuntut perlindungan misi diplomatiknya. Turki juga menuntut agar penyerang diidentifikasi dan dibawa ke pengadilan.

Turki secara terpisah kembali menuntut pemimpin Suriah untuk mengakhiri tindakan keras mereka, yang perkiraan PBB telah menewaskan lebih dari 3.500 orang sejak pertengahan Maret lalu, mengatakan "pemerintah Suriah tidak bisa keluar sebagai pemenang dari perjuangan melawan rakyatnya sendiri.

Comments :

0 comments to “Turki Bersumpah Mendukung Perjuangan Sah Rakyat Suriah”

Post a Comment

 
There was an error in this gadget

Template by Blogger templates

blogger