Kenakan Rompi Saat Jogging, Mahasiswa Iran Berurusan dengan Polisi Inggris

 

Goudarz Karimi, pemuda muslim berusia 25 tahun, kaget bukan kepalang ketika beberapa polisi bersenjata tiba-tiba menyetopnya dan menggeledah badannya, saat ia sedang asyik jogging.


Rupanya, ada sejumlah warga yang memperhatikan pemuda keturunan Iran itu dan curiga dengan rompi yang dikenakannya saat jogging. Mereka lalu menelpon polisi yang lalu mendatangi Karimi dan memerintahkan agar Karimi melepas rompi seberat 30 kilogram.


Rompi yang dicurigai sebagai 'bom' untuk bunuh diri itu, sebenarnya alat yang digunakan oleh Karimi untuk berlatih lari dengan beban berat. Namun polisi tetap meminta Karimi melepas rompi tersebut, dan memeriksanya apakah terdapat bahan-bahan eksplosif.


Setelah dinyatakan aman, polisi menyarankan Karimi yang juga mahasiswa di Universitas Oxford itu, untuk mengenakan jaket guna menutupi rompi beban untuk latihan joggingnya. Namun Karimi sempat syok dengan kejadian itu.


“Saya 100 persen yakin, jika saya berkulit bule seperti orang Kaukasia, tak seorang pun yang akan mencurigai rompi saya ini. Tapi saya berkulit gelap dan berasal dari Iran, saya yakin ini ada kaitannya,” ujar Karimi.


“Saya sedikit merasa hak-hak saya dilanggar. Polisi memerintahkan saya melepas rompi dan pulang ke rumah, saya tidak melihat alasan mengapa saya harus melakukan itu,” sambung Karimi.


Namun polisi membantah tindakan mereka pada Karimi, ada hubungannya dengan latar belakang etnis Karimi. Inspektur polisi Amand Pearson dari Kepolisian Thames Valley, Inggris mengatakan, polisi hanya menjalankan tugas merespon informasi yang diberikan publik yang khawatir, dan polisi berkewajiban untuk memeriksa dan menyelidikinya dengan keamanan publik.


Rompi yang digunakan Karimi, merupakan perlengkapan olahraga yang populer, yang sering digunakan atlet tinju dan rugby untuk latihan fisik.

Comments :

0 comments to “Kenakan Rompi Saat Jogging, Mahasiswa Iran Berurusan dengan Polisi Inggris”

Post a Comment

 
There was an error in this gadget

Template by Blogger templates

blogger